Posted by My Blog on Saturday, April 9, 2016
Macam-macam
Ragam Dialog Interaksi Manusia Dengan Komputer
1. Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (Natural
Language Interface)
Dengan
melihat pada perbedaan bahasa yang digunakan oleh manusia dan komputer, maka
sebuah sistem yang mengimplementasikan dialog berbasis bahasa alami perlu
mempunyai sebuah sistem penterjemah yang dapat menterjemahkan suatu kalimat
pada dua arah. Ketika manusia memberikan instruksi, sistem penterjemah harus
menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam format instruksi lain yang dapat
dimengerti oleh komputer. Sebaliknya, ketika komputer akan memberikan jawaban,
sistem penterjemah harus mampu menterjemahkan format instruksi komputer menjadi
pesan yang dimengerti oleh manusia. Dari sisi pengguna, tentunya ia
menginginkan keluwesan yang sebesar-besarnya dalam memberikan instruksi kepada
komputer. Tetapi, dari sisi perancang sistem, semakin luwes bahasa alami yang
dikehendaki oleh pengguna, semakin rumit pula sistem penterjemah yang harus
disiapkan.
Berikut keuntungan dan kerugian penggunaan
antarmuka berbasis bahasa alami.
2. Sistem Menu
Sistem menu
merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang
dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar
sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau
kumpulan beberapa kata.
Ditinjau dari teknik penampilan
pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu, dikenal dua jenis sistem menu:
a. Sistem menu datar
Dalam sistem
menu datar, kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi
akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang
cukup panjang.
Contoh sistem menu datar
b. Sistem menu tarik (pulldown)
yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon pilihan)
Sebuah menu
tarik pada dasarnya adalah sistem menu yang pilihan-pilihannya dikelompokkan
menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga mereka membentuk
semacam hirarki pilihan. Pada hirarki paling tinggi, pilihan-pilihan itu
disebut dengan pilihan/menu utama. Sebagian atau semua pilihan/menu utama dapat
mempunyai salah satu atau lebih subpilihan/submenu. Sebuah subpilihan/submenu
dari suatu pilihan/menu utama dapat mempunyai satu atau lebih sub-pilihan dan
seterusnya. Struktur ini membentuk semacam struktur pohon.
Contoh sistem menu tarik
Keuntungan dan kerugian penggunaan
sistem menu adalah:
3. Dialog Berbasis Pengisian Borang
(form filling dialogue)
Teknik
dialog pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu
penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari
dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar
komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat perbedaan antara menu dan
borang. Menu adalah dialog yang menampilkan sejumlah alternatif pilihan
yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna dengan cara tertentu pada
setiap daur aktifitas. Borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan
(requirement) yang menampilkan sejumlah pilihan dan berbagai nilai
parameter yang telah ditentukan dan diintegrasikan kedalam sebuah tampilan pada
layar.
Contoh
dialog berbasis pengisian borang
Keuntungan
dan kerugian penggunaan dialog berbasis pengisian borang adalah:
4. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
Karakteristik yang sangat penting
dari ragam dialog ini adalah adanya penyajian langsung suatu aktifitas oleh
sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem
komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat manipulasi langsung dari
semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan
yang muncul dilayar.
Keuntungan
dan kerugian dialog berbasis manipulasi langsung