Posted by My Blog on Thursday, November 10, 2016
3.1. Analisis Sistem
Menurut
Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi
yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk
mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang
terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.[14] Dalam membuat sistem yang baru harus diketahui alur penjualan yang akan diterapkan pada CV. Serasan Oniex Sidoarjo. Maka dibuatlah Fowchart Diagram yang berfungsi untuk mengetahui secara detail alur
transaksinya. Pada gambar 3.1 di bawah ini menjelaskan tentang flowchart
proses penjualan yang akan diterapkan pada CV. Serasan Oniex Sidoarjo. Langkah pertama adalah Admin
mengakses URL: serasanoniex.com/admin kemudian Admin Login terlebih dahulu
untuk mengakses halaman beranda admin. Di beranda tersebut terdapat tiga menu
yaitu kelola produk,kelola pemesanan, dan kelola pembayaran. Kelola produk
adalah halaman untuk mengelola produk yang akan di tampilkan pada website
serasanoniex.com. Data produk disimpan pada database produk kemudian di
tampilkan pada serasanoniex.com yang kemudian bisa diakses oleh Customer. Pada
Menu kelola pemesanan Admin dapat mengelola pemesanan yang didapat dari
database pemesanan.Database pemesanan tersebut berasal dari data pemesanan
Customer saat mengisi form pemesanan. Menu yang terahir yaitu kelola pembayaran
Pada menu ini Admin dapat mengelola pembayaran yang didapat dari database
pembayaran. Datanya didapat dari hasil isian Customer ketika melakukan
konfirmasi pembayaran. Namun untuk mengisi konfirmasi pembayaran tersebut
Customer harus login terlebih dahulu.
Gambar 3.1 Flowchart Diagram Sistem Informasi Penjualan Cinderamata
3.2. Desain Sistem
Setelah melakukan analisis sistem maka
selanjutnya dilakukan desain sistem. Dalam desain sistem ini, mulailah dibentuk
suatu sistem baru yang telah terkomputerisasi. Langkah-langkah yang dilakukan
dalam desain sistem ini adalah :
1. Context Diagram
2. Data Flow Diagram
3. ERD
4. DBMS
Ke empat langkah-langkah tersebut akan
dijelsakan dengan rincian sebagai berikut ini :
Context diagram adalah diagram yang menggambarkan ruang
lingkup suatu sistem secara menyeluruh. Context
Diagram Sistem Informasi Penjualan Cinderamata pada
CV. Serasan Oniex Sidoarjo terdiri dari
Gambar 3.2 Context Diagram Sistem
Informasi Penjualan Cinderamata
3.2.2.1. DFD Level 0
Gambar 3.3 dibawah ini menjelaskan tentang DFD level 0 yang memiliki
beberapa proses pendataan produk, proses pemesanan, dan proses
pembayaran. DFD level 0 ini merupakan penjabaran dari proses yang terdapat
pada Context Diagram sebelumnya.
Gambar 3.3 Data Flow Diagram Level
0
3.2.2.2. DFD Level 1, Proses 1.0
DFD Level 1 proses 1.0 menjelaskan lebih terperinci mengenai
kegiatan proses pendataan produk. Pertama Admin mendata produk kemudian data
produk tersebut akan di cek kelengkapannya oleh sistem. Jika sudah lengkap maka
data produk terseut akan disimpan pada database produk. Setelah disimpan, data
produk tersebut akan ditampilkan pada Customer untuk dipilih.
Gambar
3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 1.0
3.2.2.3.DFD Level 1, Proses 2.0
DFD Level 1 proses 2.0 menjelaskan lebih terperinci mengenai
kegiatan proses pemesanan. Pertama Customer
memilih produk yang akan di beli. data produk tersebut berasal dari database
produk. Setelah memilih produk yang akan dibeli, customer harus mengisi data
pemesanan yang kemudian di simpan pada database pemesanan. Setelah disimpan di
dataset pemesanan tersebut Admin akan mendapatkan laporan pemesanan sedangkan
Customer akan mendapatkan nota total pemesanan.
Gambar
3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 2.0
3.2.2.4. DFD Level 1, Proses 3.0
DFD Level 1 proses 3.0 menjelaskan lebih terperinci mengenai
kegiatan proses pembayaran. Pertama Customer
harus login terlebih dahulu.untuk login tersebut customer menggunakan id_pemesanan
dan password yang diperoleh dari database pemesanan Setelah itu baru mengisi
data konfirmasi pembayaran yang akan disimpan pada database pembayaran. Jika
sudah tersimpan maka Admin akan mendapatkan laporan pembayaran dan Customer
akan mendapat nota pembayaran.
Gambar 3.4 Data
Flow Diagram Level 1 Proses 3.0
3.2.2.5.DFD Level 2, Proses 1.
DFD Level 2 proses 1.1 menjelaskan lebih terperinci mengenai
kegiatan pendataan
produk. Pertama Admin memasukkan
data produk kemudian sistem akan mengecek kelengkapan datanya. Setelah itu akan
disimpan pada database produk. Admin juga dapat mengupdate dan delete produk
yang sudah tersimpan di database produk tersebut.
Gambar
3.4 Data Flow Diagram Level 2 Proses 1.1